(b) SMAK St. Hendrikus

SMAK NASIONAL PLUS SANTO HENDRIKUS

LATAR BELAKANG

Awal berdirinya SMAK St. Hendrikus digagas oleh dr. Supit dan bapak Mulyadi yang mendapat persetujuan dari Romo H. Massen CM yang prihatin bahwa banyak anak muda katolik yang tidak dapat melanjutkan sekolahnya ditingkat SMA karena berbagai sebab. Maka pada tanggal 24 April 1981 Yayasan Gereja dan Badan Amal SMTB mengajukan permohonan kepada Walikota Madya Surabaya untuk mempergunakan sebidang tanah diareal Real Estate PT Wisma Mukti. Permintaan ini ditolak, kemudian YGBA-SMTB mengajukan kembali surat permohonan pada tanggal 10 Juni 1981 setelah mendapatkan sebidang tanah yang cocok dilahan pengembang yang sama.

Permohonan ini disetujui oleh Walikota Surabaya dengan surat nomor : 642/41122/1982 tanggal 16 Februari 1982 yang kemudian disikapi oleh Dewan Paroki dan para aktifis lainnya dalam rapat – rapat antara lain pada bulan April 1982, 4 Juni 1982 dan 2 Juli 1982 yang memutuskan untuk segera membangun SMAK dan melakukan pengalian dana umat dan sponsor yang dikoordinir oleh Ibu Hostiadi dan Ibu Lukito.

Pembangunan tahap pertama dimulai pada tanggal 21 September 1982 yang meliputi gedung berlantai 2 (dua) dengan masing-masing lantai berisikan 6 (enam) ruang belajar, 10 (sepuluh) WC, tempat parkir dan halaman upacara. Gedung sebelah timur dibangun oleh bapak Sunjoyo dan sebelah barat oleh bapak Lukito. Pada tanggal 8 Juli 1983 sekolah dimulai dengan 127 (seratus dua puluh tujuh) orang murid dalam 3 (tiga) kelas. Sekolah ini dinamakan SMAK Santo Hendrikus sesuai dengan nama pelindung pastur yang telah banyak berjasa di Paroki Ngagel ini.

PENDIDIKAN DIMASA DEPAN

Pendidikan merupakan salah satu dasar pengembangan Iman Katolik yang terus menerus harus ditingkatkan selaras kemajuan jaman yang berkembang tanpa hentinya. Hal tersebut perlu dicermati dan dilaksanakan secara hati – hati karena apabila dasar Iman Katolik yang didapatkan baik di lingkungan keluarga maupun yang dibina di lingkungan pendidikan kurang, maka hasilnya kaum muda kedepan akan meninggalkan nilai – nilai Iman Katolik dan berjalan dengan tanpa arah yang akhirnya akan merusak moral bangsa dimasa depan.

Oleh karena itu SMAK Santo Hendrikus Surabaya merupakan salah satu benteng terakhir yang dipunyai oleh para umat Katolik di Surabaya terutama umat Paroki Santa Maria Tak Bercela, hendaknya dapat membina dan meningkatkan serta memperkuat Iman Katolik para kawula muda untuk membentuk kaum muda Katolik yang bercita – cita tinggi dan bertanggung jawab terhadap bangsanya serta mempunyai iman yang kuat teguh sebagai tiang soko guru yang teguh dalam menghadapi tantangan bangsa dimasa depan yang bermacam ragam dan amat kompetitif.

Maka dalam upaya meningkatkan pendidikan iman Katolik, SMAK Santo Hendrikus perlu diadakan upaya peningkatan kualitas dan pembenahan dalam meyelaraskan diri selaras dengan kemajuan dan tuntutan jaman, agar tidak ketinggalan terhadap kemajuan jaman serta dapat menarik minat para kawula muda untuk menuntut pendidikan di SMAK Santo Hendrikus, dengan meningkatkan mutu pendidikan dan sarana pendidikan. Agar anak didik dapat diberi bekal dalam mempersiapkan diri dimasa depan yang amat kompetitif bentuk ragamnya.

MAKSUD & TUJUAN PENINGKATAN

Dalam meningkatkan mutu pendidikan, SMAK Santo Hendrikus diperlukan upaya – upaya secara teratur dan maju serta menyelaraskan dengan tuntutan kemajuan jaman, sehingga diperlukan upaya pembenahan kurikuler serta peningkatan mutu para pendidik. Peningkatan mutu pendidikan ini dapat terselenggara apabila sarana pendidikan berupa ruang kelas, laboratorium, ruang olahraga serta ruang latihan lainnya yang nyaman dan memadai untuk melaksanakan proses belajar – mengajar.

Maka diperlukan peningkatan dan perbaikan sarana mutu pendidikan di SMAK Santo Hendrikus agar setara dengan sekolah – sekolah Katolik lainnya sekaligus meningkatkan sarana tempat peribadatan. Karena komplek SMAK Santo Hendrikus yang terletak di Jalan Arif Rachman Hakim Surabaya sekaligus juga merupakan sarana tempat ibadat Ekaristi umat Katolik di Stasi Santo Agustinus, maka diperlukan peningkatan wahana yang layak dan cukup nyaman untuk melaksanakan ibadat.

Upaya peningkatan & perbaikan SMAK Santo Hendrikus diusulkan akan dilaksanakan meliputi 3 bidang yang dirinci sebagai berikut :

Ø         Peningkatan dalam bidang fisik bangunan yang telah ada, serta penambahan sarana ruang Pendidikan.

Ø         Peningkatan dalam bidang Pembelajaran.

Ø         Peningkatan Wahana tempat Peribadatan.

Sehingga dengan setelah dilakukannya peningkatan mutu pendidikan dan bangunan serta tempat peribadatan, maka umat Katolik utamanya kaum kawula muda dapat dengan mantap menatap kedepan dalam memperjuangkan serta menegakkan cita – cita kehidupan Iman Katolik yang berwawasan luas serta mempunyai rasa toleransi tinggi.

KEADAAN SEBELUM RENOVASI

KONDISI SEKOLAH

Perkembangan SMAK Santo Hendrikus sebelum pelaksanaan renovasi kurang menggembirakan, kurang diminati anak didik meski telah berkiprah dibidang pendidikan selama lebih dari 20 (dua puluh) tahun. Sekolah pada tahun 2005, mempunyai 8 ruang kelas yang diasuh tenaga pengajar tetap sebanyak 4 orang, tenaga pengajar tidak tetap sebanyak 20 orang, yang kesemuanya mengasuh anak didik sebanyak 200 orang, dengan komposisi tiap kelas berisikan 25 orang.

Fasilitas sekolah mempunyai ruang kelas pembelajaran sebanyak 8 kelas, laboratorium 4 ruang, perpustakaan 1 ruang, 1 ruang dipergunakan untuk kegiatan OSIS & doa, 1 ruang perkantoran serta sekolah ini dilengkapi dengan lapangan sarana olah raga bola basket outdoor. Sedangkan kalau musim hujan, dapat memakai bangsal serbaguna untuk olah raga indoor yang sekaligus berfungsi sebagai ruang peribadatan dihari Minggu.

Perkembangan saat ini menunjukkan progress yang sangat menggembirakan . Setelah diadakan perubahan yang signifikan baik terhadap SDM maupun sarana yang ada, secara pasti kepercayaan dan animo dari siswa yang masuk di SMA Hendrikus menunjukkan angka peminat yang sangat fantastis yaitu calon siswa yang melamar dan ikuti tes lebih dari 150 siswa dan pada akhirnya hanya menerima sekitar 70 siswa.

Hal ini seiring dengan program awal dari sekolah yaitu pemantapan awal yang baik baru kemudian penambahan siswa. Sehingga saat ini SMA Hendrikus sudah mulai diperhitungkan oleh sekolah sekolah lain.

Dan dengan kelanjutan program yang sudah dijalankan, Dewan Paroki SMTB percaya dalam kurun waktu yang sangat singkat SMA Hendrikus akan menjadi satu sekolah percontohan yang baik bagi sekolah sekolah katolik. Dan hal ini sangat sejalan dengan program jangka pendek dari Keuskupan Surabaya yang sedang mengangkat kembali citra sekolah sekolah katolik yang pada dewasa ini secara umum sistem pendidikan sudah tertinggal dan mulai ditinggalkan oleh umat katolik sendiri.

ASSET SEKOLAH

Sedangkan sekolah mempunyai asset yang berharga berupa sarana dan prasarana yang cukup dan dapat dikembangkan. Komplek sekolah amat memadai dan berharga amat mahal dengan luasan halaman sekolah lebih dari 4.953,55 m2 dengan status HGB / Surat Hijau yang terletak dilingkungan kawasan elit pada daerah timur kota Surabaya serta tidak ada sarana pendidikan setara dengan SMA pada radius 2 km disekitarnya.

Ruang serbaguna yang terletak diareal komplek SMAK kecuali dipakai sebagai tempat pertemuan, berfungsi juga sebagai ruang olahraga indoor dimusim hujan, dan dipakai sebagai sarana tempat peribadatan; diperlukan pembenahan dan peningkatan, karena setiap misa dihari minggu, animo umat cukup banyak yang mengikuti misa.

Ruang serbaguna besar yang dipergunakan untuk peribadatan dipenuhi para umat dan dikarenakan umat yang semakin banyak maka memakai 2 (dua) ruang kelas yang terpisah dipakai untuk duduk umat. Pada hari raya besar antara lain sewaktu Misa Paskah maupun Misa Natal, umat datang membeludak dan meluber sampai ditampung ditempat lapangan olahraga bola basket.

Peningkatan tempat peribadatan ini sambil menunggu dibangunnya Gereja Stasi Agustinus yang baru, dapat dipergunakan untuk misa tiap hari minggu tersebut diperlukan peningkatan ruang peribadatan dengan membongkar 2 (dua) ruang kelas dan memindahkan Altar kesudut yang dapat menjangkau semua umat yang hadir.

Status tanah dan bangunan Komplek SMAK Nasional Plus Santo Hendrikus adalah berstatus Surat Ijin Pemakaian Tanah (Surat Hijau) dari BPN Pemerintah Kota Surabaya dengan nomer : 188.45/0732.P/436.4.22/2006 tertanggal 28 Maret 2006 seluas 4953,55 M2 yang diberikan kepada : Yayasan Gereja dan Anak Santa Maria Tak Bercela atas nama Rm. A. Andri Noertjahja EW pr. Waktu perpanjangan masa ijin berlaku dari tanggal 20 Maret 2006 sampai dengan 20 Maret 2011 (fotokopi berkas terlampir).

HARAPAN SETELAH RENOVASI SELESAI

Komplek SMAK Santo Hendrikus setelah selesai dilaksanakan peningkatan / perbaikan / renovasi sebagai berikut :

v           Menjadi sekolah katolik yang setara dengan sekolah unggulan lainnya dalam hal mutu, sarana dan fasilitasnya

v           Mempunyai kurikulum dan mutu pendidikan yang dapat diunggulkan sehingga menjadi sekolah  Katolik percontohan bagi sekolah sekolah katolik lainnya

v           Mempunyai SDM tenaga pengajar yang handal yang mampu menjawab tantangan jaman serta mampu menghasilkan / meluluskan anak didik yang berkualitas tinggi.

v           Sekolah masih merupakan fungsi sosial gereja yang tetap membantu meringankan beban umat yang membutuhkan dibidang pendidikan.

v           Mempunyai ruang Kapel sebagai tempat peribadatan yang memadai, representatitive dan dapat mencukupi kebutuhan umat Katolik disekitarnya.

14 Tanggapan

  1. saya alumni st hendrikus kl menurut sy sekolah tersebut saat ini sdh mjd sek.internasional yg skg ini menggunakan bhs inggris dan mandarin.

  2. dengan segala hormat misi sekolah hendrikus jgn sampai melenceng dari awalnya. ( kok skrg biaya sekol disana sangat mahal sekali ) jaman sy sekolah itu paling murah. ini cuma kritik aja kok ya.

  3. Saya dapat informasi dari seorang teman guru di karitas 1, apa benar smak hendrikus membutuhkan guru agama katolik? Mohon infonya sebab saya tertarik dan tertantang untuk menjadi guru agama di sekolah hendrikus. Begron sy dari sekolah kateketik di Malang, saat ini saya aktif mengajar sbg gtt di beberapa sma negeri di surabaya. Terima kasih, Berkah dalem.

  4. aq lulusan 2007,,,,,,,,,,
    sempet jdd tim basket juga…. sayang bgt sejak angkatanku lulus hendrikus udah berubah bgt jd skul yg cm mentingin duit…………..

  5. aku lulusan 91…..bagaimana kabarnya SMA kun ini….hehehehehe

  6. Jadwal masuk SMAK ST. Hendrikus jam 07.20.
    Patokan jam yang digunakan ternyata “maju 3 atau 4 menit” dibanding jam di radio Suara Surabaya.
    Dengan semakin padat-nya lalu lintas dalam kota Surabaya apakah tidak sebaiknya di-mundurkan menjadi 07.30 yang berarti 07.26 waktu radio Suara Surabaya??
    Terimakasih, bila masukan ini diperhatikan sebab sanksi yang diterima siswa yang terlambat bisa berakibat “dikeluarkan dari sekolah”. Jelas sangat membebani ortu .
    GBU, semoga sukses dan tambah maju

  7. uang pangkal dan spp dan lain2 berapa ya… tolong kasi tahu bagi yang sekolah d hendrikus/////

  8. Saya lulusan ’98, kalo dibandingkan wkt saya sekolah dulu menurut saya skrg Hendrikus cukup maju. Gedung-nya jg jauh lbh bagus. Mengenai biaya sekolah, dengar2 skrg lumayan mahal. Tdk apa2 sih sebenarnya, asal sesuai saja dgn nama dan prestasi sekolah. Selama ini tdk banyak yg tahu mengenai sekolah ini, dulu apalagi. Jd kurang popular, cukup menghambat jg dlm mendapatkan pekerjaan. Mohon ditingkatkan saja supaya alumni jg bisa ikut bangga, terima kasih.

  9. Apakah misi utama yaitu agar muda mudi yg tidak mampu,terutama katolik, tetap bisa bersekolah di tempat ini dan mendapat prioritas utama? Mengingat sekarang berbiaya mahal,tak terjangkau,dan banyak anak orang kaya/mampu?GBU

  10. Sekarang sekolah inich jelek bangets. Kepala sekolahnya munafik. Tolong romo jelantik di awasi ibu sinta dan administrasinya(dengarkan keluhan murid) Terima kasih

  11. fasilitasnya kelasnya banyak yang rusak ya?
    kasian anak saya kepanasan tidak bisa berkonsentrasi belajar di kelas

  12. Saya lulusan angkatan 2002 , salam damai bagi semua.. Semoga masa sekolah ϐïśα lebih bermakna bagi masa depan anda bagi adik2 angkatan sekarang.. Semua itu bergantung pada pilihan anda untuk memilih masa depan. Sekali lagi ingat , masa lalu tidak akan ϐïśα di ulang.. Gunakan kesempatan sekarang ini mencapai prestasi terbaik , dan tetap peduli lingkungan & sesama.. Sukses , shadu..shadu..shadu..

  13. Masa depan ditentukan dari sekarang, kalo yg sekarang memiliki wewenang munafik bagaimana masa depan anak didiknya

  14. Saya alumni smahen tahun 90, dahulu smahen punya prestasi cukup membanggakan di bidang olah raga (softball) di tingkat provinsi, juara III kejuaraan softball antar SMA se Indonesia, bahkan salah satu anggota team dipanggil untuk masuk team yunior Jatim dan PON. Apakah sekarang prestasi tersebut diatas masih diteruskan oleh yang lainnya ?
    Kemudian keprihatian saya terhadap tidak responnya smahen terhadap para alumni yang telah membesarkan sekolah tersebut pada masa lalu.
    Saya harapkan para pengurus smahen bisa merespon keluhan saya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: